Rabu, 22 Mei 2013

WISATA KULINER KHAS KOTA SOLO


1). NASI LIWET
 Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Adalah beras yang dimasak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu Siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam yang disuwir, kumut(terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan memakai daun pisang yang dipincuk

2). TIMLO SOLO

Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang terdiri atas sosis ayam yang dipotong-potong, telor ayam pindang dan irisan hati serta ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, Timlo Solo tidak memakai soup dan jamur.

3). TENGKLENG

Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan juga organ-organ lain seperti mata, telinga,pipi kaki dan lain-lain.
Kenikmatan menyantap Tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan mengisap-isap isi tulangnya.

Sate Buntel adalah sate kambing khas Kota Solo yang terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian di-buntel (dibungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan Gule Sumsum.

Cabuk Rambak adalah makanan dengan menu utama ketupat.  Memakai ketupat yang disebut Gendar Janur, karena beras ini dimasak didalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda.
Yang membedakan dengan makanan ketupat  di daerah lain adalah bumbunya. Bumbu Cabuk Rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabal, bawang putih, kemiri dan gula merah.
Makanan istimewa ini disantap dengan Karak, sejenis kerupuk dengan bahan dasar beras. Lebih unik lagi, karena untuk menikmati kita mempergunakan lidi.

Pecel nDeso Solo adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap bersama belut goreng, wader pari digoreng , telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.

Sepiring nasi gudeg plus empuknya ceker ayam masak santan mampu menghadirkan kehangatan di tengah dinginnya udara dini hari.
Gudegnya terasa gurih dan asin, berbeda dengan kebanyakan gudeg yang cenderung manis. Sementara cakar ayamnya, yang lebih populer dengan sebutan ceker, terasa lembut dan empuk. Dimasak dalam kuah santan dalam waktu yang lama, kulit dan tulang mudanya akan langsung terlepas hanya dengan sekali gigitan. Porsinya tidak terlalu besar, pas untuk sarapan kepagian.                                                                                                                                            


0 komentar:


Putra Agung Tour Travel

# FORMAT RESERVASI / SMS BOOKING :
KIRIM SMS ATAU WHATS'APP ANDA

Ketik : BOOKING - NAMA - ALAMAT JEMPUT - NO.HP - JUMLAH ORANG - TGL. KEBERANGKATAN (PAGI/MALAM) - KOTA TUJUAN.
Contoh : (Booking - Heru - Jln. A. Yani No 01, Surabaya - 081234XXX - 2 org - 01 Januari 2017 Malam - Jln. Malioboro No 01, Jogjakarta)

Apabila tidak ada balasan konfirmasi dari kami silahkan hubungi
HOTLINE : 0812 1718 1848 ( Call )
sms booking dianggap sah apabila sudah ada balasan & konfirmasi kesepakatan antara
pihak travel & penumpang.