Minggu, 23 Februari 2014

MUSEUM SANDI YOGYAKARTA SATU-SATUNYA DI INDONESIA


Yogyakarta memiliki museum sandi dan ini satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia. Museum Sandi sudah ada sejak 29 Juli 2008 namun masih menjadi salah satu bagian dari Museum Perjuangan di Jalan Kolonel Sugiyono.
Dalam waktu dekat Museum Sandi akan  berpindah tempat yakni di Jalan Faridan M. Noto No. 21 Kotabaru Yogyakarta dengan koleksi ratusan sandi,”kata Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Djoko Setiadi dalam acara serah terima Surat Keputusan Gubernur DIY tentang Pinjam Pakai Gedung Museum Sandi, Senin di soal simpan pinjam gedung di Gedung Pracimosono Kepatihan Yogyakarta.

Dengan diterimanya SK Gubernur DIY, maka Pemda DIY telah memberikan kepercayaan kepada Lembaga Sandi Negara untuk melestarikan salah satu gedung cagar budaya milik DIY yang sebelumnya digunakan sebagai Gedung Perpustakaan Anak Jogja Center.

Dengan menempati gedung baru, lokasi museum lebih strategis sehingga banyak dikenal masyarakat. Sehingga bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai persandian kepada masyarakat.
Diakui Djoko selama ini Museum Sandi memang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal koleksinya relatif unik mulai dari barang asli atau replika mesin/peratan sandi, barang keseharian pelaku sandi, slide system, sistem sandi, buku kode, hingga fasilitas teknologi pendukung kegiatan persandian.
Djoko mennjanjikan Museum Sandi akan lebih menarik, sehingga banyak dikunjungi masyarakat.”Dengan diterimanya SK Gubernur DIY, dalam waktu dekat Lemsaneg akan melakukan penataan terhadap gedung cagar budaya dengan tidak mengubah struktur bangunan. Supaya lebih sering dikunjungi, pihak museum akan lebih aktif mempromosikan. Khususnya kepada para pelajar dan mahasiswa.

Dengan terselenggaranya Museum Sandi di Yogyakarta banyak manfaatnya antara lain: sebagai sarana untuk menampilkan dan memelihara koleksi benda sandi yang memiliki nilai sejarah dan menambah wawasan pengunjung, sebagai wahana dan media pembelajaran untuk mengapresiasi peran persandian dalam mempertahankan kemerdekaan serta media pembelajaran ilmu persandian.

0 komentar:


Putra Agung Tour Travel

# FORMAT RESERVASI / SMS BOOKING :
KIRIM SMS ATAU WHATS'APP ANDA

Ketik : BOOKING - NAMA - ALAMAT JEMPUT - NO.HP - JUMLAH ORANG - TGL. KEBERANGKATAN (PAGI/MALAM) - KOTA TUJUAN.
Contoh : (Booking - Heru - Jln. A. Yani No 01, Surabaya - 081234XXX - 2 org - 01 Januari 2017 Malam - Jln. Malioboro No 01, Jogjakarta)

Apabila tidak ada balasan konfirmasi dari kami silahkan hubungi
HOTLINE : 0812 1718 1848 ( Call )
sms booking dianggap sah apabila sudah ada balasan & konfirmasi kesepakatan antara
pihak travel & penumpang.