Kamis, 27 Februari 2014

PANTAI PARANGKUSUMO



Pantai Parangkusumo merupakan pantai di pesisir selatan yang berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan pantai Depok, Pantai ini secara administratif berada di desa yang sama dengan Pantai Parangtritis yakni di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Nuansa sacral sangat terasa jika anda memasuki kompleks Parangkusumo, wewangian kembang setaman dan juga wangi kemenyan yang dibakar yang dijual oleh beberapa penjual yang mudah ditemui di labuhan, parangkusumo, cepuri
Sepanjang jalan masuk pantai ini. Ini dikarenakan di Pantai Parangkusumo ini dianggap sebagai pintu gerbang menuju kerajaan penguasa laut selatan. Pengunjung ditempat ini lebih banyak pada waktu waktu tertentu seperti hari Malam Selasa Kliwon atau Malam Jumat Kliwon menurut penanggalan jawa.
Ditempat ini dibangun sebuah Cepuri, tempat yang merupakan tempat doa sebelum acara labuhan yang sering dilakukan oleh pihak Keraton Yogyakarta pada hari hari tertentu.. Didalam puri tersebut terdapat dua batu yang diyakini sebagai tempat duduk panembahan senopati dan Ratu Kidul yang kemudian orang menyebutnya Batu Cinta.  Kenapa disebut demikian, ini dikarena tempat ini disebut sebut sebagai pertemuan Raja Mataram pertama yakni Panembahan Senopati dengan Penguasa Pantai Selatan yakni Ratu Kidul yang mengikat suatu perjanjian yang berawal dari permintaan Panembahan senopati terhadap Ratu Kidul untuk membantu dirinya mewujudkan menjadi penguasa Mataram. Hal tersebut disanggupi oleh Ratu Kidul namun dengan syarat agar Panembahan Senopatiparangkusumo, labuhan, cepuri dan seluruh keturunannya mau menjadi suami Ratu Kidul dan Panembahan Senopati pun menyetujui namun tanpa mengahsilkan keturunan. Akhirnya perjanjian itu menjadikan Keraton Yogyakarta sebagai Pecahan Kerajaan Mataram mempunyai hubungan yang erat dengan PenguasaPantai Selatan, Itulah yang mungkin menjadi dasar dilakukannya labuhan di Pantai Parangkusumo ini oleh Keraton Yogyakarta
Hingga saat ini di batu tersebut ditemukan taburan bunga serta serangkaian sesaji yang di bawa para peziarah. Karena ditempat ini diyakini bahwa setiap permohonan yang dipanjatkan disekitar batu cinta tersebut akan terkabul, ini semua didasarkan karena keberhasilan panembahan senopati yang bertapa ditempat ini. Ziarah ke tempat ini juga diyakini banyak orang dapat melepaskan beban berat yang ada pada seseorang serta memberikan semangat yang lebih pada orang tersebut.

0 komentar:


Putra Agung Tour Travel

# FORMAT RESERVASI / SMS BOOKING :
KIRIM SMS ATAU WHATS'APP ANDA

Ketik : BOOKING - NAMA - ALAMAT JEMPUT - NO.HP - JUMLAH ORANG - TGL. KEBERANGKATAN (PAGI/MALAM) - KOTA TUJUAN.
Contoh : (Booking - Heru - Jln. A. Yani No 01, Surabaya - 081234XXX - 2 org - 01 Januari 2017 Malam - Jln. Malioboro No 01, Jogjakarta)

Apabila tidak ada balasan konfirmasi dari kami silahkan hubungi
HOTLINE : 0812 1718 1848 ( Call )
sms booking dianggap sah apabila sudah ada balasan & konfirmasi kesepakatan antara
pihak travel & penumpang.